Kepuasan Karir Bisa Mempengaruhi Kesehatan


Peneliti mengungkap, ketidakpuasan kerja bagi karyawan berumur di akhir 20-an & 30-an bisa berpengaruh pada kesehatan mereka di awal umur 40 th. Temuan itu menunjukkan, kesehatan mental yaitu yg paling terpengaruh oleh perasaan orang berkaitan tugas mereka.

"Kami menemukan ada resiko kumulatif dari kepuasan kerja pada kesehatan yg muncul kepada awal 40-an," kata pemimpin penelitian Jonathan Dirlam, mahasiswa doktoral di The Ohio State University, Amerika Serikat. Beberapa Orang yg kurang menyukai kepada tugas mereka di awal karir cenderung merasa lebih tertekan & susah tidur.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa orang-orang dgn kepuasan kerja yg rendah & karir yg macet cenderung mempunyai lebih tidak sedikit masalah kesehatan, seperti sakit punggung & tidak jarang pilek, kalau di bandingkan dengan orang yg puas dengan pekerjaannya.

"Bahkan masalah kesehatan mental lebih tidak sedikit dialami mereka yg tak puas dgn pekerjaannya, yg terhadap hasilnya berpengaruh terhadap masalah fisik mereka," ucap Hui Zheng, Associate Professor di Ohio State. "Peningkatan kecemasan & depresi akan menyebabkan penyakit jantung atau masalah kesehatan lain yg tak ingin muncul hingga mereka lanjut usia."


Utk penelitian ini, tim melaksanakan penelitian kepada tingkat kepuasan kerja kepada pekerja berumur 25-39 th. Peserta ini setelah itu dicek kembali tingkat kesehatannya dikala memasuki umur 40 tahun-an.

Para peneliti menempatkan peserta dalam group orang dgn kepuasan kerja rendah & tinggi dengan cara terus. Penelitian ini dipresentasikan pada jumpa tahunan American Sociological Association di Seattle baru-baru ini.